KKN–DR Sebagai Implementasi Media Public Relation di Masa Pandemi Covid-19

 KKN–DR Sebagai Implementasi Media Public Relation di Masa Pandemi Covid-19


Dalam membangun citra yang baik di pandangan khalayak ramai memang sulit, apalagi dalam dunia pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi Negeri. Maka dari itu, banyak hal yang harus ditonjolkan oleh sebuah institusi agar mampu membangun dan membentuk citra yang baik di mata masyarakat hingga dapat diminati. Misalnya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang untuk membangun citra isnstitusi, selain dari segi prestasi dari mahasiswa namun juga dari kegiatan nyata yang dilakukan ditengah masyarakat serta kegiatan yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh mahasiswa.

Di masa pandemi corona yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, dunia pendidikan pun tidak bisa dipungkiri terkena imbasnya. Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang seharusnya bertatap muka langsung kini diganti dengan kegiatan virtual. Para siswa yang seharusnya memperoleh penyampaian materi secara langsung kini semua dilakukan secara daring. Memang dirasa ada hal positif dan negatif dari modifikasi pembelajaran ini. Tidak dapat dipungkiri, IAIN Kediri pun merasakan dampaknya. Apalagi dalam waktu pelaksanaan KKN yang seharusnya terjun langsung ke masyarakat. Namun tidak dapat dilaksanakan seperti sebelum-sebelumnya.

Pada tahun 2020, IAIN Kediri tetap melaksakan KKN sebagai bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat. Walaupun ditengah-tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi, pihak dari kampus IAIN Kediri mencoba mencari jalan keluar agar KKN dalam hal ini pengabdian mahasiswanya tetap dalap dilaksanakan. 

Karena pandemi  Covid-19 yang terjadi di Indonesia semakin meningkat, untuk menunjang kegiatan KKN ini akhirnya dilakukan menggunakan konsep baru, yakni KKN-DR. Konsep KKN yang kali ini sangat berbeda menuntut peserta KKN dalam hal ini mahasiswa IAIN Kediri untuk memaksimalkan pemanfaatan media sosial. Dari modifikasi KKN ini, mahasiswa tetap diharapkan mampu membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap wabah pandemi  Covid-19. Sarana yang digunakan untuk mempublikasikan karya-karya selama KKN-DR ini adalah media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti Instagram, Youtube, Koran, Website dan masih banyak lagi. Media yang disasar ini secara tidak langsung adalah media public relation yang dapat membangun citra institusi IAIN Kediri. Kegiatan ini secara tidak langsung telah membuktikan kepada masyarakat walaupun KKN di masa pandemi, mahasiswa IAIN Kediri masih bisa menyalurkan kepeduliannya kepada masyarakat. 

Selain dari publikasi di media sosial, tentu juga mahasiswa IAIN Kediri produktif dalam bidang keilmuan seperti membuat dan mencetak buku dan menyusun artikel imiah untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah. Hal ini tidak memungkiri akan meningkatkan citra dari institusi IAIN Kediri sendiri. Dalam hal ini, mahasiswa yang mampu mencetak dan mempublikasikan baik buku maupun jurnal akan membantu menaikkan akreditasi kampus bahkan program studinya. Secara tidak langsung, peran aktif dan produktif mahasiswa selama KKN-DR juga merupakan media yang tepat sebagai public relation yang dapat menciptakan citra yag lebih baik dimata masyarakat. Walaupun masih dalam kondisi pandemi, mahasiswa mampu mengeluarkan kreatifitas dan produktifitas dibidang keilmuan.

Mahasiswa peserta KKN-DR khususnya mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri memegang peran penting dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kondisi pandemi  Covid-19 agar segera berakhir. Oleh karena itu, salah satu program kerja para mahasiswa peserta KKN-DR adalah melakukan sosialisasi dengan tujuan memahamkan masyarakat mengenai adanya perlindungan hukum terkait identitas pasien  Covid-19 sehingga dapat meredam kecemasan mengenai tersebarnya identitas dan tidak ada lagi masyarakat yang berdiam diri atau menutup-nutupi kasus  Covid-19 yang ada di sekitarnya.

Dapat simpulkan konsep KKN–DR secara tidak langsung juga menjadi media public relation bagi kampus IAIN Kediri. Karena dapat membangun citra dan reputasi yang baik ubagi institusi. Hal ini dapat dilihat dari peran aktif mahasiswa yang mampu produktif mencetak dan membuat karya-karya bermanfaat bagi masyarakat, walaupun hanya melalui media sosial. Tidak dapat dpungkiri juga pelaksanaan KKN-DR IAIN Kediri membawa dampak yang positif bagi masyarakat yang kurang sadar dan peduli mengenai pandemi yang sedang terjadi.


Oleh Refa Bagas Dwi Pradana

Mahasiswa HKI Fakultas Syariah IAIN Kediri

No comments for "KKN–DR Sebagai Implementasi Media Public Relation di Masa Pandemi Covid-19"

Berlangganan via Email