Pergerakan Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri dalam Bidang Public Relations

Pergerakan Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri dalam Bidang Public Relations



By: Muhammad al’ Arif 
Mahasiswa HKI Fakultas Syariah

Dalam sebuah ruang lingkup perguruan tinggi tidak bisa dilepaskan dengan eksistensi mahasiswanya karena baik dan buruk citra sebuah perguruan tinggi salah satunya di tentukan oleh eksistensi mahasiswanya sendiri. berbicara tentang citra baik sebuah perguruan tinggi maka salah satu point utamanya adalah berbagai prestasi yang di peroleh oleh mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut sehingga mampu memberikan sebuah citra baik perguruan tingginya di mata perguruan tinggi lainya.

Membahas tentang prestasi, prestasi sendiri dalam kamus besar bahasa indonesia memiliki pengertian yaitu hasil usaha yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau yang diusahakan. Seseorang dianggap berprestasi apabila telah meraih sesuatu hasil dari apa yang telah diusahakanya, baik karena hasil belajar, bekerja, atau berlatih keterampilan dalam sebuah bidang tertentu. Prestasi merupakan hasil nyata dari puncak pengembangan potensi diri. Prestasi merupakan hasil nyata dari puncak pengembangan potensi diri. Prestasi hanya bisa diraih dengan segala kekuatan, kemampuan dan usaha yang ada di dalam diri kita.

Dari sedikit definisi di atas kita bisa memahami bahwasanya prestasi adalah sebuah capaian tertentu atas sebuah hasil usaha seseorang atau sekolompok orang dan terlalu sempit apabila kita memahami makna prestasi hanya pada sebuah capaian dalam ajang perlombaan. Sehingga orang yang memenangkan sebuah perlombaan saja yang kita anggap sebagai seseorang yang berprestasi. Hal tersebut tentu saja merupakan pemahaman yang salah besar karena substansi dari makna prestasi sendiri memiliki cakupan yang lebih luas dari pada itu.

Prestasi mahasiswa fakultas Syariah IAIN kediri dalam sebuah pergerakan dalam menciptakan citra baik kampus IAIN kediri cukup banyak sehingga nama baik IAIN Kediri cukup memiliki reputasi yang bagus dimata kampus-kampus yang lain. Reputasi baik tersebut diciptakan mahasiswa fakultas Syariah dengan memenangkan berbagai macam perlombaan dan kejuaraan di berbagai macam bidang. Akan tetapi hal tersebut mungkin masih nampak biasa-biasa saja karena pada dasarnya memang sudah sewajarnya sebagai seorang mahasiswa mengikuti berbagai macam event perlombaan.

Sebuah hal lain yang menjadikan Nama IAIN kediri memiliki reputrasi yang baik di mata perguruan tinggi lainya adalah peran penting mahasiswa IAIN Kediri, khususnya mahasiswa fakultas Syariah dalam keikut sertaanya di dalam organisasi-organisasi bergengsi dalam ranah kemahasiswaan tingkat nasional dan regional. Mahasiswa fakultas Syariah IAIN Kediri sering kali mendapatkan posisi-posisi strategis di dalam organisasi-organisasi kemahasiswaan baik tingkat nasional dan regional sehingga nama IAIN kediri memiliki reputasi yang bagus karena mahasiswanya memiliki pengaruh terhadap gerak laju banyak organisasi  di berbagai tingkat.

Pada tahun 2015-2016 salah satu mahasiswa Fakultas Syariah jurusan Ahwal al-Syakhsiyah Menjabat sebagai pimpinan pusat Organisasi kemahasiswaan tingkat nasional yaitu organisasi yang bernama FORMAHII (Forum Mahasiswa Hukum Islam Indonesia) dan bukan hanya itu mahasiswa fakultas Syariah  juga sering kali menjabat sebagai  pimpinan organisasi kemahasiswaan tingkat regional.

Sebuah hal yang di dapat ketika banyak mahasiswa IAIN Kediri kususnya mahasiswa fakultas Syariah yang memegang peran Penting di dalam laju gerak organisasi yang melibatkan banyak kampus di indonesia adalah nama IAIN Kediri akan memiliki citra yang baik karena dianggap IAIN kediri berhasil menelurkan banyak SDM yang unggul. Bukan hanya itu IAIN Kediri juga akan bisa mendapatkan banyak jaringan di wilayah kemahasiswaan di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk saling mensuport kegiatan di masing-masing perguruan tinggi.

Pada dasarnya ketika mahasiswa IAIN kediri menjadi mahasiswa yang aktif, produktif dan selalu melakukan yang terbaik maka itu bisa menjadi sebuah prestasi mahasiswa IAIN Kediri sehingga mampu memberikan citra yang baik bagi perguruan tinggi nya. Karena mahasiswa akan memegang peranan penting dalam Public Relations di setiap masing-masing kampusnya, Jika mahasiswanya bagus maka akan bagus pula citra kampusnya dan apabila mahasiswanya buruk maka akan buruk pula citra kampusnya

No comments for "Pergerakan Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri dalam Bidang Public Relations"

Berlangganan via Email