Konsep Diri Akademik - Psikolog Sekolah

Latest

Tuesday, July 2, 2019

Konsep Diri Akademik

Teori Psikologi
Konsep Diri Akademik



Konsep diri akademik adalah suatu persepsi diri seseorang mengenai kemampuan akademiknya yang dipengaruhi oleh pengalaman pribadi dan interaksi dengan lingkungannya. Konsep diri akademik positif yang dimiliki oleh para mahasiswa/pelajar dapat mendorong mahasiswa/pelajar untuk bersemangat dalam meraih prestasi. Mahasiswa/pelajar akan selalu merasa tertantang untuk mempertahankan maupun meningkatkan prestasi yang telah diraih dari ssebelumnya. McCoach dan Siegle (2003) mengemukakan bahwa konsep diri akademik memiliki hubungan yang erat dengan perilaku-perilaku para mahasiswa/pelajar. Konsep diri akademik juga memiliki korelasi yang positif dan cukup kuat antar persepsi diri akademik dengan prestasi belajar akademik mahasiswa. Selain prestasi akademik, konsep diri juga memiliki hubungan dengan perilaku akademik mahasiswa/pelajar di luar kampus, seperti belajar di rumah dan mengerjakan tugas, membaca buku di waktu senggang, melakukan kerja sosial, dan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler (House, 2000). Konsep diri akademik yang rendah biasanya sulit untuk melakukan perilaku atau kegiatan akademik tersebut, sehingga mahasiswa akan mengambil langkah untuk melakukan penundaan dalam melakukan kegiatan akademik khususnya menunda mengerjakan dan menyelesaikan tugas. Konsep diri juga sering diartikan sebagai kemampuan individu dalam menggambarkan dirinya yang akan mempengaruhi sikap, cara berpikir, dan berperilaku, serta merasa optimis dadalam mengerjakan tugas-tugas dalam hidup sehingga segala tugas dapat dikerjakan secara optimal. Oleh karena itu, konsep diri atau penilaian diri merupakan variabel yang penting untuk melihat kegiatan akademik individu. Penetian yang dilakukan oleh Rani (2014) juga membuktikan bahwa terdapat hubungan sangat signifikan antara konsep diri akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikannya di Universitas Gunadarma. Penelitian tersebut sekali lagi membuktikan bahwa mahasiswa yang memiliki konsep diri yang tinggi akan memperlihatkan perilaku mengerjakan dan menyelesaiakan tugas sesuai tuntutan yang diinginkan oleh lingkungan dalam hal ini pihak dosen dan kampus.

Aspek-aspek Konsep Diri Akademik:
1. Keyakinan terhadap kemampuan dan ketidakmampuan akademik yang dimiliki. Menurut hasil penelitian Joseph (1997) menjelaskan hasil penelitian yang dilakukannya membuktikan bahwa konsep diri akademik berkaitan erat dengan proses belajar yang dihadapi individu, meliputi keyakinan individu terhadap potensi yang dimilikinya. Keyakinan tersebut signifikan akan mempengaruhi pencapaian akademik individu.
2. Kepuasan terhadap hasil belajar yang telah dicapai. Konsep ini dirumuskan berdasarkan hasil penelitian Burns (1993) yang menjelaskan bahwa konsep diri akademik sangat berkaitan dengan kepuasan individu terhadap prestasi akademik yang dicapainya.
3. Persepsi individu mengenai teman-teman di kampus.  Konsep ini mengacu pada penemuan Marsh dan Hattie (1996) yang menjelaskan bahwa konsep diri akademik merupakan gambaran siswa atau mahasiswa terhadap kemampuan dirinya terhadap materi pelajaran dan persepsi siswa atau mahasiswa tentang pengajar dan teman-teman terhadap kemampuannya dalam memahami materi pembelajaran dan menyelesaikan tugas.
4. Harapan masa depan individu tentang kemampuan akademik yang dimiliki. Menurut hasil penelitian Sanches dan Roda (2014) menjelaskan bahwa persepsi individu tentang kemampuan akademik yang dimilikinya akan menjadi tolak ukur keberhasilan individu di masa akan datang.
Baca juga

No comments:

Post a Comment